Profil Kota Surabaya

Posted by Asykwae | Posted in

Profil
Nama Resmi : Kota Surabaya
Ibukota : Surabaya
Provinsi  : Jawa Timur
Batas Wilayah : Utara: Selat Madura
Selatan: Kabupaten Sidoarjo
Barat: Kabupaten Gresik
Timur: Selat Madura

Luas Wilayah :
326,36 Km²
Jumlah Penduduk :
2.659.566 Jiwa (Sensus Penduduk 2003)
Wilayah Administrasi : Kecamatan: 31, Desa/Kelurahan: 163
Website : http://www.surabaya.go.id
Sejarah Kota Surabaya
Kota Surabaya juga sangat berkaitan dengan revolusi kemerdekaan Republik Indonesia. Sejak penjajahan Belanda maupun Jepang, rakyat Surabaya (Arek Suroboyo) bertempur habis-habisan untuk merebut kernerdekaan. Puncaknya pada tanggal l0 Nopember 1945, Arek Suroboyo berhasil menduduki Hotel Oranye (sekarang Hotel Mojopahit) yang saat itu rnenjadi sirnbol kolonialisme. Karena kegigihannya itu, maka setiap Tanggal 10 Nopember, Indonesia memperingatinya sebagai Hari Pahlawan.

Hingga saat ini bekas-bekas masa penjajahan terlihat dengan masih cukup banyaknya bangunan kuno bersejarah di sini.
Surabaya secara resmi berdiri pada tahun 1293. Tanggal peristiwa yang diarnbil adalah kemenangan Raden Wijaya, Raja Pertama Mojopahit melawan pasukan Cina.

Peranan Surabaya sebagai kota pelabuhan sangat penting sejak lama. Saat Itu sungai Kalimas merupakan sungai yang dipenuhi perahu-perahu yang berlayar menuju pelosok Surabaya.

Comments (1)

Informasi yang bagus... semoga blognya makin berkembang.....Saya ingin berbagi artikel tentang Pertunjukan Liu Sanjie di http://stenote-berkata.blogspot.hk/2017/12/teater-liu-sanjie-di-yangshuo.html
Lihatlah juga videonya di Youtube https://youtu.be/LGSdvSa0tg0